cubesconsulting.com
cubesconsulting.com
cubesconsulting.com
np.com.ua/
www.akkumulyatory.ho.ua
bestcool.com.ua
Pencatatan Barang Stok Konsinyasi Dengan Menggunakan SAP

Pencatatan Barang Stok Konsinyasi Dengan Menggunakan SAP

taufik-yoga

Taufik Yoga / MM Consultant

Pencatatan barang stok titipan vendor atau stok konsinyasi seringkali merepotkan bagian gudang dan bagian keuangan, yakni dalam hal arus keluar masuk barang stok dan penggunaannya untuk keperluan konsumsi atau penjualan. Jika menggunakan pencatatan pada system IT, banyak perusahaan menggunakan software yang berbeda untuk pencatatan PO, inventory pada gudang, maupun jumlah penggunaan stok konsinyasi yang harus dibayar kepada vendor.

Berdasarkan pengalaman pada studi kasus di perusahaan rental mobil ternama di Indonesia, pada awalnya stok konsinyasi yang berupa suku cadang mobil tidak dicatat pada sistem SAP sehingga perusahaan tidak mengetahui jumlah dan arus keluar masuk stok konsinyasi berikut penagihannya ke vendor. Semua proses tersebut dicatat secara manual. Akibatnya banyak penggunaan stok konsinyasi suku cadang mobil yang salah perhitungan. Untuk menghindari kesalahan tersebut terjadi di masa mendatang, manajemen perusahaan memutuskan menggunakan SAP. Dengan menggunakan aplikasi SAP, proses pencatatan dari awal permintaan stok konsinyasi suku cadang mobil sampai pencatatan pengeluaran dan tagihan berikut pembayarannya dapat difasilitasi secara terintegrasi. Penggunaan SAP pada awalnya cukup merepotkan para karyawan di perusahaan rental mobil yang belum terbiasa mencatat setiap alur proses pengadaan dan konsumsi stok konsinyasi pada SAP. Namun seiring dengan pengalaman dalam menggunakan SAP, para karyawan merasa kinerjanya lebih efisien karena setiap alur prosesnya sudah terkontrol oleh SAP.

Secara singkat, pencatatan stok konsinyasi suku cadang mobil dengan menggunakan SAP dapat memberikan manfaat bagi perusahaan rental mobil sebagai berikut:

  • Dapat melihat dan merubah harga barang suku cadang di vendor tertentu pada info record dan memantau PO suku cadang pada vendor
  • Dapat melihat jumlah dan pergerakan stok suku cadang di gudang secara detail
  • Dapat mengetahui jumlah suku cadang yang dikonsumsi dan biaya penggunaan suku cadang yang harus dibayar kepada vendor
  • Dapat merencanakan penggunaan stok suku cadang berdasarkan history data penggunaan stok di masa lalu
  • Jika terjadi kesalahan pencatatan, SAP memungkinkan perusahaan untuk dapat melihat setiap alur proses dari awal (permintaan pembelian) sampai akhir (pencatatan pembayaran) sehingga dapat ditemukan sumber kesalahannya sekaligus melakukan perbaikan atas kesalahan tersebut.   
  • Perusahaan dapat melihat jumlah dan nilai stok suku cadang yang digunakan secara periodik (laporan finansial)
  • Dapat mengurangi faktor kelalaian manusia serta penyimpangan yang dilakukan karena semua proses harus tercatat pada SAP.                                                                                                                                                          

Dengan demikian, penggunaan SAP cukup memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan rental mobil berupa pencatatan dan pengawasan terhadap pergerakan stok konsinyasi suku cadang mobil pada setiap alur proses bisnis yang jauh lebih baik daripada dicatat secara manual atau secara komputerisasi namun masih belum terintegrasi antar bagiannya.