cubesconsulting.com
cubesconsulting.com
cubesconsulting.com
www.np.com.ua
adulttorrent.org/
別れさせ屋
Goods Receipt Block Stock

Goods Receipt Block Stock

Pengakuan barang datang dari vendor setelah lulus kualitas dengan menggunakan “goods receipt block stock” di dalam sistem SAP.

Suatu perusahaan memiliki ketentuan tersendiri mengenai barang-barang apa saja yang harus diperiksa oleh tim kualitas di dalam perusahaan tersebut. Ada barang yang selama ini diterima dari Vendor kualitasnya sudah terjamin sehingga pada saat barang datang, barang sudah menjadi milik perusahaan, karena diakui secara kuantiti dan akunting.

Tetapi ada juga konidisi dimana barang yang dibeli harus melewati beberapa tahap tes dan uji. Contohnya pada perusahaan yang menggunakan bahan kimia sebagai komponen utama produk jadinya. Untuk mengetahui apakah bahan kimia yang dipesan sudah sesuai spesifiaksi yang diharapkan atau belum, bahan-bahan kimia tersebut harus melewati beberapa tes dan uji yang dilakukan oleh tim kualitas berkerja sama dengan tim engineering sebagai peminta barang.

Dalam proses tes dan uji ini barang yang datang dari vendor belum tentu selalu sesuai dengan spesifikasi, dimana ada kemungkinan barang tersebut ditolak.

Tetapi jika barang tersebut sudah diakui secara kuantiti dan akunting sebelum lolos tes dan uji, maka pada saat terjadi barang masuk dari Vendor menumpuk diakhir bulan dan waktu tes dan uji untuk barang-barang tersebut membutuhkan waktu yang lama, secara akunting nilai inventory sudah bertambah sedangkan status barang dengan nilai yang berbeda tersebut secara actual tidak bisa digunakan karena masih dalam proses tes dan uji. Sehingga terjadi perbedaan antara jumlah nilai inventory dengan jumlah kuantiti yang sebenarnya sudah bisa digunakan untuk proses produksi.

Jika dari perusahaan tersebut meiliki kebijakan untuk menerima barang dari vendor hanya diakui secara kuantiti sampai diterima oleh tim kualitas, maka di dalam sistem SAP ada proses penerimaan barang dari Vendor sebagai Block Stock (Barang yang tidak bisa dipakai).

Di dalam system SAP disebut dengan Goods Receipt Block Stock, dimana pada saat barang dari Vendor diterima, otomatis akan memunculkan Inspection lot sebagai tahap-tahap tes dan uji terhadap barang terkait. Dan status barang tersebut adalah Block Stock, sudah masuk secara kuantiti di dalam perusahaan tersebut, tetapi belum diakui secara akunting. Sampai pada saat tim kualitas menyatakan bahwa barang tersebut diterima, maka status barang Block Stock akan otomatis terlepas menjadi Unrestricted Used (barang yang bisa dipakai) dengan kualitas terjamin dan sesuai spesifikasi dan otomatis muncul pengakuan secara akunting.

Jumlah barang yang berubah status dari Blocked Stock ke Unrestricted Used berdasarkan berapa jumlah barang yang lolos tes dan uji. Jumlah ini pun yang akhirnya diakui secara akunting dan kuantiti. Untuk jumlah barang yang tidak lolos uji akan dikembalikan ke Vendor dan tidak muncul pengakuan secara akunting.

Dengan Goods Receipt Blocked Stock, dokumen inventory dan akunting akan menjadi lebih bersih. Tentunya dengan kebutuhan pengakuan secara akunting jelas dan barang yang diakui memang merupakan barang yang sudah lolos uji, berlkualitas baik.